Minggu, 21 April 2013

Kebijakan untuk Memenangkan Globalisasi



Apa itu globalisasi??

Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.

Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk yang paling mutakhir. Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama. Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

Apa cara untuk memenangkan globalisasi? 

Memenangkan globalisasi tentunya tidaklah mudah, selain diperlukan peran serta pemerintah, peran serta dari diri setiap masyarakat juga sangatlah penting. Oleh karena itu menurut saya kebijakan untuk memenangkan globalisasi dari segi pemerintah yaitu :

1.       Di bidang Pendidikan
Meningkatkan mutu pendidikan agar tidak kalah dengan negara maju.  Masih banyak putra bangsa yang lebih memilih  menimba ilmu diluar karena tidak percaya akan mutu pendidikan di negaranya.

2.       Di bidang Teknologi
Di negara maju, teknologi sangat berkembang pesat. Maka dari itu untuk memenangkan globalisasi tentunya pemerintah harus meningkatkan teknologi agar tidak kalah dengan negara-negara maju yang didukung oleh teknologi yang mutakhir.

3.       Di bidang Perekonomian
Meningkatkan tenaga ahli di berbagai bidang kegiatan ekonomi, mengembangkan perdagangan luar negeri, meningkatkan kualitas produk dalam negeri agar dapat bersaing di pasar internasional.

4.    Di bidang Budaya
Membagun cagar-cagar budaya  agar tidak direbut oleh bangsa lain.
Mengenalkan budaya sejak dini, dan Belajar mencintai budaya dan melestarikan budaya sendiri, dengan mencintai budaya sendiri maka akan menjadi benteng agar tidak terpengaruh akan budaya asing.

dan yang terpenting untuk mendukung memperebutkan globaliasi yaitu dengan cara meningkatkan kualitas diri. Dengan meningkatkan kualitas diri maka kita tidak akan tergerus olah zaman globalisasi ini.


Kita sebagai penerus bangsa jangan takut untuk meningkatkan prestasi diri. Kemampuan apapun yang kita miliki keluarkanlah mungkin itu bisa sangat bermanfaat bagi dunia. Semangat Untuk Para Penerus Bangsa!!!!
 

0 komentar:

Posting Komentar