Minggu, 16 Juni 2013

Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) Bukan Solusi Yang Efektif



BLSM atau Bantuan Langsung Sentara Masyarakat yaitu program pemerintah yang belakangan ini sedang hangat diperbincagakan sebagai kompensasi kenaikan BBM . Seperti hal yang lain, program inipun tak luput dari  pro dan kontara. Ada beberapa lapisan masyarakat yang setuju dengan diadakannya program ini, ada pula yang tidak setuju dan mengggap kalau ini hanyalah untuk kepentingan politik semata menjelang pemilu 2014.

Menurut pendapat saya, akan ada masalah sosial yang ditimbulkan dari program ini. Dengan adanya program ini menjadikan masyarakat kita semakin dekat dengan kemiskinan. Kenapa demikian? Dengan menerima bantuan akan menjadi menjadikan masayrakat miskin menjadi pemalas, dan cenderung bermental pengemis yang mengharapkan uluran tangan pemerintah. Dan hal itu tentu dapat mengakibatkan tingkat kemiskinan bertambah. Dan menurut saya, cara itu bukanlah cara yang efektif sebagai solusi kenaikan harga BBM. 

Bukankan akan lebih lebih baik jika aliran dana untuk program BLSM tersebut dipergunakan untuk biaya pendidikan, menumbuhkan usaha kecil menengah agar bisa tercipta lapangan kerja baru. Dengan demikian pasti akan lebih bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri dan otomatis akan memberikan dampak yang baik juga untuk pemerintah dengan meningkatnya mutu pendidikan dan berkurangnya pengangguran. Daripada hanya diberikan secara percuma yang akan menjadikan mental masyarakat kita sebagai mental pengemis dan juga belum tentu tepat sasaran karena bukan tidak mungkin hal ini menjadi incaran oknum-oknum tertentu yang berujung pada kasus korupsi.

0 komentar:

Posting Komentar