Senin, 30 Juni 2014

Pandangan Nasabah Terhadap Fasilitas Mobile Banking



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang hasil penelitian saya mengenai pandangan nasabah terhadap fasilitas mobile banking. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memenuhi tugas softskill “Terapan Komputer Perbankan” yang diberikan oleh dosen.  Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 – 29 Juni 2014.

Penelitian ini  menggunakan metode survei. Survei dilakukan dengan mengajukan 12 pertanyaan yang berkaitan dengan mobile banking. Peneliti menggunakan metode pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) sebagai acuan teori. Indikator TAM yang digunakan yaitu Perceived Usefulness (Kegunaan), Perceived Ease of Use (Kemudahan Pengguna), Attitude Towards Using (Ketertarikan Nasabah Dalam Penggunaan Sistem), dan Behavioral Intentoin to Use (minat nasabah dalam penggunaan teknologi). Masing-masing indikator diwakilkan dengan 3 butir pertanyaan.
Penelitian ini melibatkan sebanyak 30 orang responden, yaitu nasabah bank mandiri pada wilayah Kemang-Bogor. masing-masing responden terbagi dalam beberapa karakteristik yaitu berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan penghasilan.  
a.    Berdasarkan Jenis kelamin, sebanyak 11 orang responden berjenis kelamin laki-laki dan sisanya sebanyak 19 responden berjenis kelamin perempuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini mayoritas responden berjenis kelamin perempuan.

b.    Berdasarkan Usia, sebanyak 15 orang responden berada pada rentang usia 20-30 tahun, 7 orang responden memiliki rentang usia 31-40 tahun,  8 orang responden memiliki rentang usia diatas 40 tahun, dan tidak ada responden yang memiliki umur dibawah 20 tahun. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini mayoritas responden berada pada rentang usia 20-30 tahun.
c.      Berdasarkan Pekerjaan, sebanyak 4 orang responden adalah pelajar/mahasiswa, 22 orang responden bekerja sebagai pegawai swasta/karyawan, 1 orang bekerja sebagai Pegawai Negeri/ABRI, 2 orang responden adalah  wiraswasta, dan 1 orang responden adalah ibu rumah tangga. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini mayoritas responden adalah pegawai swasta/ karyawan.



d.   Berdasarkan Penghasilan, sebanyak 6 orang responden memiliki penghasilan dibawah 1 Juta rupiah, 13 orang responden memiliki penghasilan antara 1 - 2,5 juta rupiah, 10 orang responden memiliki penghasilan antara 2,5 - 5 juta rupiah dan 1 orang responden memiliki penghasilan diatas 5 juta rupiah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini mayoritas responden adalah yang memiliki penghasilan antara 1 – 2,5 juta rupiah.



Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing butir kuesioner:  

A. Usefulness
(Kegunaan)
  1.  Penggunaan mobile-banking dapat memungkinkan penyelesaian transaksi dengan lebih cepat.
    12 responden menjawab sangat setuju, dan 18 responden menjawab setuju.  
  2. Penggunaan mobile-banking dapat meningkatkan kinerja saya
    4 responden menjawab sangat setuju, 23 responden menjawab setuju, dan 3 responden menjawab tidak setuju.
  3.  Penggunaan mobile-banking dapat memudahkan pekerjaan saya
    6 responden menjawab sangat setuju, 24 responden menjawab setuju.

B. Perceived Ease of Use
(Kemudahan Pengguna)
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab setuju mengenai banyak hal yang bisa didapatkan dalam menggunakan mobile-banking.  

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab setuju mengenai kejelasan dan kemudahan memahami mobile-banking. 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab setuju mengenai kemudahan penggunaan mobile-banking.
 


C. Attitude Towards Using
(Ketertarikan Nasabah Dalam Penggunaan Sistem)

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab senang menggunakan mobile-banking.
 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menikmati penggunaan mobile-banking.
 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden tidak setuju mengenai bosan menggunakan mobile-banking.

D. Behavioral Intentoin to Use
(Minat Nasabah Dalam Penggunaan Teknologi)

 
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab setuju memilih menggunakan mobile banking untuk bertransaksi.



Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab setuju untuk menggunakan mobile-banking untuk penyelesaian transaksi di masa yang akan datang.




Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menjawab setuju menggunakan mobile-banking di masa yang akan datang.




ADS BY Download%20keeper
AD OPTIONS
Close

0 komentar:

Posting Komentar