Perdagangan melalui jaringan elektronik (E-commerce) merupakan perdagangan atau perniagaan yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya dan tersambung dengan internet sebagai medianya.
PEMBAHASAN
2.1 Perdagangan
melalui jaringan elektronik
Perdagangan melalui jaringan
elektronik sebagai penggunaan computer untuk memudahkan semua operasi
perusahaan. Keuangan berhubungan dengan pemegang saham dan pemilik serta
pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada
masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok
perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur berhubungan dengan pemasok
perusahaan dan serikat buruh. Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk
berhubungan dengan pelanggan dan pesaing perusahaan. Semua area itu berhubungan
dengan pemerintah. Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem
berbasis komputer, dan jaringan internet.
- Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik :
- Pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan
- Hubungan antara pembeli dan pemasok tercipta dengan baik
- Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
- Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh organisasi.
- Manfaat berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi computer.
- Kendala perdagangan melalui jaringan elekronik
- Biaya yang dikeluarkan sangat tinggi
- Masalah keamanan kurang terjamin
- Banyak perangkat lunak yang kurang memadai atau bahkan tidak tersedia
- Perusahaan – perusahaan yang telah memiliki system terutama menggunakannya untuk transaksi antara pengguna dengan pemasok
- serta proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer, serta faktur.
- Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik
- Mengumpulkan intelijen bisnis
- System Antar Organisasi (IOS) dimana didalamnya terdapat EDI
- Membuat metodologi yang tersedia mencakup daur hidup system dan peranvangan ulang proses bisnis
- Menggunakan teknologi yang tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan internet
Membentuk suatu sistem
antar-organisasi (IOS).Secara garis besar dapat digambarkan seperti ini Rencana
bisnis strategis untuk mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan
melalui jaringan elektronik untuk mencapai keunggulan strategis. Perusahaan
pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran
potensial yang akan dimainkan tiap elemen lingkungan. Saat
perusahaan-perusahaan saling berinteraksi, langkah selanjutnya adalah membentuk
suatu system antar organisasi (IOS) melalui pertukaran data elektronik (EDI)
atau suatu ekstranet. Ekstranet adalah suatu jenis khusus system internet yang
menggunakan browser halaman Web dan server web standar, seperti system internet
tradisional, tetapi sejumlah kecil entitas luar yang dipercaya diberikan akses
ke data dan aplikasi sensitive milik perusahaan. IOS dicapai dengan mengikuti
siklus hidup system atau melakukan rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya
adlah system berorientasi jaringan yang menggunakan sambungan langsung,
jaringan bernilai tambah, internet, atau kombinasinya.
2.2 Strategi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Untuk tiap masalah, ada beberapa
kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan
menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun
strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya
dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk
strategi ini adalah sistem antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah
EDI yang berarti pertukaran data elektronik. Kedua istilah tersebut
sering dipergunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu pebedaan, EDI dianggap
subset dari IOS. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk
mencapai sistem antar-organisasi.
2.3 System antar
organisasi
IOS (Interorganizational
system), disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi
perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu
sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra
bisnis.
- Manfaat IOS
Para mitra dagang ikut dalam IOS
dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu terbagi dalam dua
kategori – efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.
1. Efisiensi Komparatif
Dengan bergabung dalam IOS, para
mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih
murah daripada pesaing. Perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal dari
dalam dan berkaitan dengan organisasi lain.
·
Efisiensi internal
Terdiri dari perbaikan-perbaikan
dalam operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan untuk
mengumpulkan data lebih cepat, menganalisisnya lebih cepat, dan membuat
keputusan lebih cepat.
·
Efisiensi antar
organisasi
Mencakup perbaikan-perbaikan yang
diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan lain. Perbaikan ini
memungkinkan perusahaan untuk menawarkan lebih banyak barang dan jasa, melayani
lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan tertentu ke pelosok atau
pelanggan, serta lebih mudah mengumpulkan data lingkungan.
2. Kekuatan tawar menawar
Kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan
perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut
kekuatan tawar menawar (bargaining power). Kekuatan itu berasal
dari 3 metode dasar
1. Keistimewaan produk
yang unik; pemesanan lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, waktu respon
atas permintaan informasi yang lebih cepat.
2. Penurunan biaya yang
berhubungan dengan pencarian; mengurangi biaya belanja dalam mencari
pemasok, dapat mengidentifikasi produk alternative dengan mendapatkan harga
yang terendah.
3. Peningkatan biaya
peralihan; perusahaan ingin jika pelanggan beralih ke pesaing maka biaya
peralihannya menjadi mahal. Ketergantungan produk satu dengan yang lainnya
sangat tinggi.
2.4 Pertukaran Data
Elektronik (EDI)
Pertukaran data elektronik (EDI)
adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin
secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa
perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan
diterima tanpa pengetikan ulang.
- Hubungan EDI yang umum
Membentuk kaitan antara
perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan
pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
- Standar EDI
Standar yang digunakan di Amerika
Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
- Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang
berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
– Tekanan Pesaing
– Kekuasaan yang dilaksanakan
– Kebutuhan Intern
– Dukungan manajemen puncak
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
– Tekanan Pesaing
– Kekuasaan yang dilaksanakan
– Kebutuhan Intern
– Dukungan manajemen puncak
- Manfaat EDI.
Beberapa manfaat EDI langsung
berasal dari teknologi. Ini adalah manfaat langsung dari pengurangan
kesalahan, pengurangan biaya, dan peningkatan efisiensi operasional. Manfaat
lain di hasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat tidak langsung
dari peningkatan kemampuan bersaing, hubungan dengan mitra dagang yang lebih
baik, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2.5. Teknologi
Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1)
Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi
2)
Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh
penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak
jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3)
Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya
menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
KESIMPULAN :
Perdagangan melalui jaringan
elektronik atau yang biasa dikenal dengan E-Commerce adalah perdagangan atau
perniagaan yang menggunakan media elektronik sebagai perantaranya dan
tersambung dengan internet sebagai medianya. Perdagangan yang dilakukan melalui
jaringan elektronik ini mempunyai manfaat dan keuntungan, dengan menggunakan
e-commerce kita dapat menjual produk secara luas, manfaat berkontribusi pada
stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing lebih baik
dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi komputer.
Namun ada juga kendala dari e-commerce, diantaranya masalah keamanan kurang
terjamin, biaya yang dikeluarkan sangat tinggi, serta proses-proses utama yang
berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer, serta faktur.
Sumber :
sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id
0 komentar:
Posting Komentar